Terima Kunjungan Kerja BPKAD Pemerintah Kabupaten Sumedang

Lamongan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lamongan menerima kunjungan dari BPKAD Pemkab Sumedang, Jawa Barat. Rombongan yang dipimpin oleh Kasubag Program BPKAD Sumedang, Siti Komariah ini disambut hangat oleh Sekretaris BPKAD Lamongan, Sri Rahayu.
Siti Komariah menjelaskan kedatangannya bersama rombongan ini bermaksud untuk melaksanakan kaji banding mengenai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) di BPKAD Lamongan. Menurutnya SAKIP Pemkab Lamongan telah mendapatkan nilai A sehingga pihaknya ingin mengadopsi kiat-kiat agar bisa mengikuti jejak Pemkab Lamongan untuk mendapatkan nilai tersebut.


“Kita searching terkait SAKIP ini dan ternyata Pemkab Lamongan sudah A, sehingga kami ke sini ingin mengetahui apa saja tips-tips nya untuk memperoleh nilai tersebut,” ucapnya.


Di sisi lain, Sekretaris BPKAD Lamongan, Sri Rahayu menerangkan bahwa SAKIP di Pemkab Lamongan sangat diperhatikan. “Di sini Bapak Bupati melakukan safari SAKIP ke setiap OPD dan Kecamatan untuk mengevaluasi langsung SAKIP setiap OPD. Pemkab Lamongan juga membentuk tim SAKIP yang terdiri dari sejumlah OPD,” ucapnya.
Sementara itu, dalam penyusunan SAKIP di BPKAD Lamongan, sering dilakukan pembenahan dan evaluasi akuntabilatas kinerja, agar SAKIP BPKAD bisa lebih baik lagi, seperti menyiapkan RENSTRA 2016 -2021, RENJA, DPA, Perjanjian Kinerja, Rencana Aksi, Capaian Kinerja, Laporan Kinerja, serta IKI (Indikator Kinerja Individu ) di semua level jabatan Struktural sampai dengan Staf atau Pelaksana.
“Kami juga melakukan input seluruh dokumen SAKIP dalam aplikasi ELSA (Elektronik sakip) pada bagian Organisasi yang telah terintegrasi dengan aplikasi SIERKEL ( sistem informasi evaluasi rencana kerja dan kinerja lamongan ) yang ada di BAPPEDA,” ujarnya.
Selain itu, sambung Sri Rahayu, BPKAD juga menyiapkan dokumen peta Proses Bisnis (PROBIS) ideal yang telah disandingkan dengan SOTK kondisi saat ini, logic model dan mitigasi resiko Perangkat daerah.
Tak hanya itu, Sri Rahayu juga menerangkan di BPKAD Lamongan mulai dari Penganggaraan sampai dengan Pengelolaan Pelaporan Keuangan secara Sistem Informasi telah terintegrasi ke Sistem Aplikasi Keuangan dan Akuntansi (Integrasi SAKTI) Pemerintah Kabupaten Lamongan, yang diimplementasikan secara teknis untuk mengakomodasi standarisasi tatakelola informasi keuangan daerah yang disesuaikan berdasarkan Permendagri dan Mengacu Standar Akuntansi Pemerintah .


Ia pun berharap apa yang telah disampaikan dan dibahas bersama bisa menjadi masukan dan bermanfaat bagi BPKAD Pemkab Sumedang. “Dengan adanya kunjungan kerja ini diharapkan akan terjalin kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Lamongan dengan BPKAD Pemkab Sumedang,” tuturnya mengakhiri.