Sosialisasi Pengelolaan Dana Bos Tahun 2019 di Dinas Pendidikan

Sosialisasi Pengelolaan dan pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di adakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan pada hari Selasa sampai dengan Hari Rabo tanggal 2 – 3 Juli 2019. Sosialisasi ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan Bendahara BOS untuk SMP dan SD.  Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini dari Kejaksaan Negeri Lamongan, Inspektorat Kabupaten Lamongan dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Lamongan.

Pembukaan sosialisasi dilakukan pada tanggal 2 Juli 2019,  khusus untuk tanggal ini dihadiri oleh kepala sekolah dan bendahara bos SMP.  Sedangkan untuk hari kedua di bagi menjadi dua sesi, masing masing sesi dihadiri oleh kepala SD.

Materi yang dibahas dalam sesi ini adalah mengenai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah yang diubah dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 18 tahun 2019, urat Edaran Kementerian Dalam Negeri No.910-106 SJ Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penganggaran Pelaksanaan dan Penatausahaan dana BOS dan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan no.903/12/413.215/2019 tentang Pencatatan atas Belanja Dana BOS pada SATDIKDAS Negeri dan Konsolidasi Atas Realisasi Pendapatan dan Belanja Dana BOS ke Laporan Keuangan Daerah Tahun 2019.

Pokok pokok pembahasan sosialisasi mengenai aturan normatif penggunanan dana BOS reguler, mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak diperbolehkan. Selanjutnya dibahas mengenai penatausahaan dan penyusunan laporan dana BOS, mulai tingkat sekolah sampai dengan tingkat Dinas Pendidikan. Selanjutnya dibahas mengenai konsolidasi dana BOS kedalam APBD.

Baca juga :

Download Materi sosilaisasi pengelolaan dan pelaporan dana BOS.