Rekonsiliasi Laporan Keuangan BLUD Puskesmas Semester Satu

Penyusunan Laporan Semester I Pemerintah Daerah dimulai dengan rekonsiliasi realisasi belanja dan pendapatan semester I yang dilakukan oleh Bidang Akuntansi BPKAD Kabupaten Lamongan. Kegiatan ini  diawali di Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan yang dibagi menjadi 2 batch, batch pertama mengundang 16 BLUD Puskesmas dan dan batch kedua mengundang 17 Puskesmas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Pada batch pertama dibagi menjadi dua sesi dan masing masing sesi dihadiri oleh 8 Puskesmas. Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Penatausahaan Keuangan  BLUD, Bendahara BLUD dan satf akuntansi di masing masing puskesmas.  Tujuan dari rekonsisliasi ini adalah mencocokan jumlah pendapatan dan belanja dengan Buku Bendahara dan Rekening Koran BLUD. Laporan yang harus disusun oleh Puskesmas dalam kegiatan rekon ini adalah ;

  1. Penjabaran Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja semester I tahun 2019
  2. Laporan Realisasi Anggaran  format PP 71
  3. Laporan Operasional
  4. Neraca

Kegiatan ini meliputi pencocokan Buku Kas Umum(BKU)  BLUD dengan Rekening Koran BLUD, Pencocokan SPJ Fungsional Pendapatan dan Belanja dengan Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja BLUD Puskesmas dan Melakukan jurnal penyesuaian terkait dengan piutang BLUD dan Beban Persediaan.  Pertama, Mencocokan Saldo Rekening Koran dengan Saldo BKU BLUD Puskesmas, jadi saldo di BKU harus sama dengan saldo Kas yang ada di Rekening Koran dan Saldo Kas Tunai yang ada di pengelola kegiatan. Besaran uang tunai tidak boleh lebih besar dari ketentuan. Semua mutasi kredit di rekening koran harus sama dengan jumlah pendapatan BLUD. Jika tidak sama maka kemungkinan ada koreksi dari pihak Bank atau ada pendapatan yang belum di catat.

Kedua, setelah dipastikan saldo BKU sama dengan saldo Kas BLUD, maka langkah selanjutnya adalah mencocokan penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja BLUD Puskesmas dengan SPJ Fungsional, dengan syarat SPJ fungsional tersebut sudah sesuai dengan BKU Puskesmas.

Ketiga, melakukan klasifikasi dari rekening rincian perobyek yang ada dalam penjabaran kedalam Laporan Realisasi Anggaran format PP 71. Kegiatan ini meringkas semua realisasi perrincian obyek menjadi perjenis belanja.  selanjutnya akan dilakukan posting ke laporan operasional,berdasarkan LRA PP 71.

Keempat, Melakukan penyesuaian pembebanan persediaan di laporan operasional hasil konversi LRA 71. Proses ini akan mempengaruhi laporan operasional dan neraca BLUD Puskesmas. Terakhir melakukan penyesuaian pendapatan LO hasil konversi dari LRA PP 71.

Setelah BLUD Puskesmas melakukan empat tahapan rekon maka, diharapkan keempat laporan tersebut yang terdiri dari penjabaran realisasi anggaran dan pendapatan BLUD, Laporan Realisasi Anggaran PP 71, Laporan Operasional dan Neraca telah selesai dan siap dikonsolidasikam kedalam laporan Dinas LKesehatan dan Laporan Keuangan Daerah Semester I tahun 2019. (dwihari)