Kunjungan Komisi B ke BPKAD

Penataan Asset sebagai Barang Milik Daerah memiliki arti penting bagi Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk dikelola secara baik dan akuntabel. Itulah yang menjadi perhatian Komisi B DPRD Kabupaten Lamongan berkunjung ke BPKAD untuk mendiskusikan pelaksanaan pengelolaan aset.

Dalam pertemuan tersebut BPKAD memberikan infomarsi perkembangan pengelolaan aset sebagai tindaklanjut atas hasil pemeriksaan aset seperti akuntabilitas penilaian aset-aset yang berkaitan dengan infrastruktur, penilaian aset pemeliharaan dan rehabilitasi serta penilaian aset tanah di bawah jalan yang semua itu merupakan pekerjaan besar yang memerlukan fokus dan perhatian.

Disisi lain pemanfaatan teknologi informasi juga sangat penting digunakan untuk mendukung tata kelola aset yang dilakukan oleh BPKAD yang semakin komplek dan membutuhkan transparansi pengelolaannya.

Komisi B juga mengusulkan agar BPKAD juga memantau beberapa aset – aset tanah yang belum tercatat karena ada kemungkinan aset tersebut dimanfaatkan oleh pihak ke 3. Untuk itu disarankan untuk mendata secara lengkap aset2 yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan. Dengan terdata secara baik maka aset2 dapat dimanfaatkan dan berpotensi untuk berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah. Untuk itu juga diusulkan agar disusun rancangan Perda tentang Pengelolaan Aset sesuai dengan Pemerndagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Penge­lolaan Barang Milik Daerah dan mengevaluasi perda tentang pemanfaatan barang milik daerah. (uyg)