Kaji Penerapan TIK, Rombongan Dinkominfo Pemkab Lamongan Kunjungi Surabaya

Inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya rupanya menarik berbagai kalangan untuk datang mengkajinya. Kali ini rombongan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kabupaten Lamongan datang berkunjung, Jumat (10/2). Rombongan diterima oleh Sekretaris Dinkominfo Surabaya, Cahyo Utomo di Ruang Rapat Dinkominfo lantai V gedung Pemkot Jimerto.
Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengkaji bagaimana Pemkot Surabaya melakukan implementasi teknologi informasi khususnya penerapan e-Government. Surabaya dipilih menjadi tujuan karena dianggap telah berhasil menerapkan teknologi informasi dalam sistem administrasi, birokrasi dan pelayanan publik.

Cahyo menjelaskan dalam penerapan IT khususnya saat membangun e-Government semua SKPD terkait bekerja sama dan Dinkominfo bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola aplikasi yang ada di Surabaya. Penerapan e-Government ini mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi untuk dapat diterapkan di kota kabupaten yang ada di Indonesia.
Dalam kesempatan tersebut, Cahyo menjelaskan secara garis besar tentang Government Resources Management System yang terdiri dari musrenbang, e-Budgeting, e-Project, e-Procurement, e-Delivery dan e-Controlling. Guna menunjang penerapan TI, dibangun pula jaringan fiber optik sepanjang 70 Km serta wifi gratis di taman dan fasilitas umum. Tidak hanya sarana prasarana, namun warga Surabaya juga diberikan pelatihan IT melalui Broadband Learning Center yang tersebar di Kota Surabaya.
Dalam menjalin komunikasi dengan publik, pemkot memiliki inovasi yakni media center dimana warga dapat memberikan masukan, kritik dan saran melalui berbagai saluran baik telepon, sms maupun portal media sosial. Pemkot Surabaya juga memiliki layanan tanggap darurat  112 dimana Pemkot dapat secara cepat menangani laporan bencana secara cepat.
Sebagai kota yang telah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemerintahannya, semua layanan sudah berbasis online. Warga tidak perlu repot dalam mengurus layanan pemerintah, cukup diakses melalui smartphone maupun eKios, warga dapat mengurus layanan pemkot secara mudah dan cepat. (ynu) (surabaya.go.id)