Analisa Standar Belanja Jawa Timur di Sosialisasikan

Provinsi Jawa Timur mengadakan Sosialisasi Analisis Standar Belanja yang diadakan di Hotel Klub Bunga Batu, Malang, seluruh Pejabat di Bapeda dan BPKAD Kabupaten/Kota turut menghadiri, Senin (13/08/2018).

Acara tersebut di buka oleh Sekdaprov Jatim ” Dr. H. Akhmad Sukardi, Mm. dalam sambutannya,” Berharap kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota di Jatim untuk segera menerapkan dan mengoptimalkan Analisis Standar Belanja (ASB), karena ASB adalah yang di gunakan untuk menganalisis kewajaran beban kerja atau biaya setiap program dan kegiatan yang akan di laksanakan oleh perangkat daerah dalam waktu satu tahun anggaran,” Ungkapnya.

Salah satu instrumen yang di perlukan untuk menyusun anggaran daerah dengan pendekatan kinerja adalah melalui ASB, itu diharapkan semua pegawai terutama pimpinan eselon II,III dan IV harus mengerti dan memahami agar bisa di terapkan dalam Instansinya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur sendiri telah menerbitkan Pergub Nomor 14 Tahun 2018 tentang Analisa Standar Belanja Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tujuan sosialiasi ini adalah untuk memberikan informasi terhadap Analisa Standar Belanja kepada Pemerintah Kabupaten/Kota diĀ  Jatim, dan diharapkan dapat memberi pemahaman kepada setiap perangkat daerah dalam satu tahun anggaran untuk dapat melihat setiap kegiatan dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. ASB bisa di jadikan tolak ukur bagi instansi dalam penggunaan anggaran secara efektif dan efisien. (uyg)